« Iblis Datang Dari Muka, Belakang, Kanan, dan Kiri KitaSebaik-Baiknya Teman Adalah... *) »

Definisi Dasar dan Tujuan Dakwah Kampus

09-03-2007 | by hendra [mail] | Categories: Dakwah

Link: http://www.hudzaifah.org/Article465.phtml

Hudzaifah.org - Dakwah Kampus merupakan salah satu bagian dari dakwah secara umum. Dakwah kampus mengkhususnya dirinya untuk bergerak dalam sebuah miniatur masyarakat kecil yang bernama masyarakat kampus. Oleh karena itu dalam menjalankan roda dakwahnya, Dakwah Kampus memiliki karakteristik tersendiri yang berbeda dengan dakwah di wilayah lain. Dengan kata lain, pola Dakwah Kampus tentu akan berbeda dengan pola di Dakwah Remaja Masjid, atau pada Dakwah di Perkantoran, dan sebagainya. Oleh karena itu, sebelum kita lebih jauh membicarakan mengenai bagaimana rincian pola dan strategi dakwah kampus, maka perlu kita pahami dahulu apa definisi dasar dari Dakwah Kampus.

Dakwah Kampus adalah dakwah ammah harokatudz dzahiroh dalam lingkup perguruan tinggi. Dakwah yang sifatnya terbuka, berorientasi kepada rekrutmen dakwah di kalangan civitas akademika secara umum, dan aktivitasnya dapat dirasakan oleh civitas akademika. Civitas akademika yang dimaksud di sini adalah para mahasiswa dan dosen perguruan tinggi. Civitas akademika merupakan bagian dari masyarakat kampus yang hidup dengan peraturan, ada peraturan kampus (rektorat), peraturan ormawa, dan sebagainya. Sehingga untuk dapat mengejewantahkan dakwah ammah harokatudz dzahirah tersebut, maka prinsip 'legal', 'formal', dan 'wajar' dalam kacamata civitas akademika, menjadi hal yang perlu diperhatikan oleh Dakwah Kampus. Salah satu derivasi dari hal ini, maka biasanya sebuah lembaga dakwah kampus perlu membuat AD/ART sebagai bagian dari bentuk legalisasi organisasi dakwah kampus di sebuah perguruan tinggi.

...

Untuk menjalankan roda Dakwah Kampus, maka dibutuhkan personil-personil, yaitu Aktivis Dakwah Kampus (ADK). ADK adalah kader dakwah dan tarbiyah yang memiliki peran dalam Dakwah Kampus. Peran yang dilakukan bisa berupa sebagai pengurus lembaga dakwah kampus, murobbi kampus, dan sebagainya. Peran ADK ini bisa dijalankan oleh kader dakwah yang bertitel mahasiswa, atau dosen, atau kader dakwah lainnya yang bersinggungan dengan Dakwah Kampus. Mereka harus dapat bergerak bersama-sama dalam koridor strategi dakwah kampus yang bersangkutan.

Sebagaimana telah diungkapkan di atas, dalam pergerakannya dakwah kampus memiliki medan tersendiri. Medan pergerakan dakwah kampus adalah area di mana dakwah kampus mengaktualisasikan diri. Medan Dakwah Kampus yaitu lingkungan internal dan eksternal yang berpengaruh terhadap dakwah kampus, meliputi manusia-manusianya (para civitas akademika, pejabat dan pegawai kampus, alumni), sarana-sarananya (lembaga kemahasiswaan, institusi perguruan tinggi, institusi pemerintah terkait, institusi kerjasama antar perguruan tinggi), dan aturan main yang berlaku (peraturan perundangan terkait, kurikulum dan sistem administrasi perguruan tingggi), serta sarana dan prasarana kampus.

Dan yang terakhir dalam kajian ini adalah tujuan Dakwah Kampus, terakhir dan sangat penting. Karena tujuan dakwah kampus harus selalu menjadi satu hal yang terus diingat oleh para ADK, agar mereka tahu ke mana arah dakwah kampus berjalan. Tujuan utama dari Dakwah kampus adalah adanya suplai alumni yang berafiliasi kepada Islam, dan optimalisasi peran kampus dalam upaya mentransformasi masyarakat menuju masyarakat Islami. Derivasi dari hal ini maka peran tarbiyah kampus yang berkesinambungan - untuk menghasilkan alumni-alumni yang berafiliasi kepada Islam - menjadi sangat penting. Derivasi lainnya, lembaga dakwah kampus perlu secara bertahap menjadi lembaga dakwah kampus yang matang, agar dapat memainkan perannya di perguruan tinggi yang bersangkutan untuk dapat mengusung perubahan. Mengenai tahapan dakwah kampus ini perlu kajian tersendiri.

Untuk mencapai tujuan di atas, ada beberapa sasaran antara yang harus dicapai terlebih dahulu. Sasaran tersebut antara lain :

1. Terbentuknya bi’ah (lingkungan) yang kondusif bagi kehidupan Islami di kampus, baik dalam sisi moral, intelektual, maupun tanggungjawab sosial. Kita tahu bahwa kampus adalah lingkungan yang heterogen. Ketika berinteraksi di dalamnya, maka butuh kekuatan untuk menjaga idealisme dengan tetap memperhatikan realitas. Hal ini berarti dakwah kampus memerlukan sebuah lingkungan kecil yang senantiasa dapat terus men-charge ruhiyah para ADK di tengah-tengah aktivitasnya di kampus. Sarana untuk itu adalah tarbiyah yang berkesinambungan untuk para ADK dan yang didakwahkannya.

2. Terbentuknya opini ketinggian Islam di kalangan kampus. Oleh karena itu syiar dalam mengkampanyekan kemuliaan Islam harus terus dilakukan secara rutin. Sarana-sarana syiar untuk ini cukup banyak, misalnya majalah, perpustakaan, peringatan hari besar Islam, tabligh akbar, dan sebagainya. Barangkali bisa kita diskusikan mengenai hal ini dalam kajian tersendiri.

3. Terbentuknya kesinambungan barisan pendukung dakwah. Untuk itu, tarbiyah yang berkesinambungan di setiap angkatan mahasiswa harus dipastikan berjalan. Ini membutuhkan sebuah lajnah yang dapat mengawasi itu dalam jangka panjang.

4. Terbentuknya hubungan timbal balik yang sinergis antara dakwah ammah dengan pengkaderan. Artinya, semua rekrutmen-rekrutmen dakwah diupayakan dapat dilanjutkan dengan proses dakwah secara khusus terhadap orang-orang yang direkrut tersebut.

Demikian kajian singkat mengenai definisi dasar dan tujuan dakwah kampus. Semoga dapat menjaga orisinalitas dakwah kampus di tengah-tengah proses perubahan yang semakin cepat. (hdn)

Permalink

Trackback address for this post

Trackback URL (right click and copy shortcut/link location)

9 comments

Comment from: nuri sadida [Visitor] Email
nuri sadidaDemikian kajian singkat mengenai definisi dasar dan tujuan dakwah kampus. Semoga dapat menjaga orisinalitas dakwah kampus di tengah-tengah proses perubahan yang semakin cepat
---------------------------------------
pertanyaannya, apakah orisinalitas itu yang paling tepat dalam kondisi yang serba dinamis seperti sekarang? atau......

btw, dari sekian ide tulisan, jadi tema 'dakwah kampus' yang dipilih (lagi)>
09-03-2007 @ 23:54
Comment from: Masran [Visitor] Email
MasranTersebarnya suatu agama bukan karena kebenaran yanag ada pada agama itu, namun lebih karena kepandaian para missionaris mengemas pesan-pesan dakwahnya. Karena itu, tingkatkan mutu dan teknik penyampaian dakwah anda
09-05-2007 @ 18:36
Comment from: Akhmad Fajri Amirudin Ar Razy [Visitor] Email
Akhmad Fajri Amirudin Ar RazyApa yang harus diucapkan kepada orang-orang (mahasiswa) yang melakukan dakwah di kampus selain ucapan syukron, yukhbibkumullah ALLAHUAKBAR
21-05-2007 @ 19:33
Comment from: M.AIDIL ADHARI HRP [Visitor] Email
M.AIDIL ADHARI HRPASSALAMUALAIKUM...
ALLAHUAKBAR.................
BAGIMANA KITA INGIN BERJUANG BILA HATI MASIH TERTUTUP UNTUK PERJUANGAN, BAHKAN BANYAK KITA LIHAT MEREKA YANG BERJUANG KHUSUSNYA MENJADI SEORANG ADK SEMATA-MATA HANYA INGIN DILIHAT OLEH REKANNYA.........
SATUKAN NIAT, LURUSKAN TUJUAN, KITA RAPATKAN BARISAN.........UNTUK MEMPEROLEH RAHMATAN LILALAMIN............
26-06-2008 @ 16:21
Comment from: llina pebianti [Visitor]
llina pebiantiassalamu'alaikum betapa sangat besar peran mahasiswa dalam menegakkan dakwah. dari uraian diatas semoga kedepannya akan banyak mujahid dan mujahidah yang akan berjuang dalam dakwah untuk kemaslahatan umat. ayo ikhwan wa akhwat sekalian kita kobarkan semagat dakwah karena inilah salah satu jalan kita dalam berjihat Allahu Akbar dan tetap semangat untuk tetap berdakwah okey..........
20-01-2009 @ 18:01
Comment from: candra [Visitor] Email
candraAsw,,,
ALLAHUAKBAR!!!!
Alhamdulilah saudaraku, perkembangan dakwah kampus skr sudah cukup pesat, insyaallah kami di Yogyakarta ingin mengembangkan sayap dan membentuk koordinasi jaringan, untuk mennytukan kekuatan bersama....
smoga smangat antum tetap berkobar dalam menjalankan amanah Allah,,,
mari tetap berdakwah saudaraku,sukron..
jzk
25-04-2009 @ 16:17
Comment from: lina pebianti [Visitor]
lina pebiantitulll
11-07-2009 @ 00:03
Comment from: Fahrizal [Visitor]
FahrizalInsyaALLAH Perjuangan kader LDK di Unsyiah semakin lengkap dengan hadirnya LSI As-Siyasah Fisip Unsyiah...
AMiin.........
30-09-2009 @ 11:51
Comment from: wana [Visitor]
wanaASSALAMU ALAIKUM
ALLAHUAKBAR...
kami berniat merealisasikan ebuah majalah da'wa kampus untuk itu jika antum dan antumna mau membantu dengan mengirim tulisan ke ALAMAT E MAIL rain_wana@yahoo.co.id kami akan sangat berterima kasih.
insyaallah kami di palopo ingin mengembangkan sayap dan membentuk koordinasi jaringan,
Mari mennyatukan kekuatan bersama...dalam mengemban da'wa ini. JZK
08-10-2009 @ 09:00

This post has 235 feedbacks awaiting moderation...